Minggu, 31 Oktober 2010

tugas KKPI

Pengertian LAN, WAN, MAN


1. LAN ( Local Area Network ).
Ialah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan computer kampus, gedung, dalam rumah, dan sekolah.
kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s, selain itu LAN juga menggunakan teknologi wi-fi. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Kriterian LAN ialah :
• mempunyai data yang lebih tinggi.
• wilayah geografisnya lebih sempit.
• tidak membutuhkan jalur komunikasi yang disewa.


2. MAN ( Metropolitan Area Network )
Ialah Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN juga gabungan dari jaringan LAN, jangkauan MAN ialah antar 10 hingga 50 km. Jaringan MAN juga tepat untuk membangun hubungan jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya. Jaringan MAN juga menghubungkan jaringan-jaringan kecil yang ada menuju area yang lebih besar, contoh beberapa bank yang memiliki jaringan komputer di setiap cabangnya dapat berhubungan satu sama lain sehingga nasabah dapat melakukan transaksi di cabang manapun dalam propinsi yang sama.



3. WAN ( Wide Area Network )
Ialah jaringan computer yang mencakup area yang besar, seperti jaringan computer antar wilayah, kota bahkan antar negara atau dan dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Jaringan WAN juga menghubungkan computer yang satu dengan yang lain melalui satelit atau kabel bawah laut.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna di lokasi yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WELCOME TO " SMK YASPI JAYA "